Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan

Universitas Hang Tuah Surabaya

Sejarah

Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan (FTIK) merupakan salah satu fakultas di lingkungan Universitas Hang Tuah (UHT) yang dibentuk dari penggabungan dua fakultas, yaitu Fakultas Teknik dengan Fakultas Teknologi Kelautan dan Perikanan, sejak tanggal 01 September 2008 berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Hang Tuah Nomor: Skep/84/IX/2008. Penggabungan ini dilakukan dalam rangka efektivitas dan efisiensi pengelolaan pendidikan di UHT.

Sementara itu Fakultas Teknik, dan Fakultas Teknologi Kelautan dan Perikanan berdiri bersamaan dengan berdirinya Universitas Hang Tuah pada tanggal 12 Mei 1987, mulai melaksanakan proses pendidikan sejak tanggal 01 September 1987 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 0827/Q/1987.

Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan Universitas Hang Tuah mengelola 5 (lima) Jurusan dengan 5 (lima) Program Studi, yaitu: Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Elektro (Konsentrasi Teknik Elektronika dan Konsentrasi Teknik Energi Listrik), Teknik Kelautan (Oseanografi), dan Perikanan.